Waspada, Virus Malware Serang Android


Sistem operasi Android pertama kali diperkenalkan oleh Google pada tahun 2007. Saat ini, sistem operasi bersifat open platform tersebut telah menjelma sebagai sistem operasi paling populer di dunia dan telah diadopsi oleh jutaan perangkat.

Kesuksesan Android ternyata membuatnya terus-menerus dibayangi oleh ancaman kejahatan cyber. Menurut laporan terbaru yang dirilis Kaspersky Lab -- perusahaan asal Rusia yang memproduksi perangkat lunak anti virus -- hampir semua jenis malware mobile yang ada saat ini diciptakan untuk menyerang sistem operasi Android.

Dilansir laman Mashable, Kamis (23/5/2013), fakta yang dikemukakan Kaspersky Lab menunjukkan bahwa 99,9 persen malware yang tercipta pada kuartal pertama 2013 ditujukan untuk mengincar atau melemahkan sistem operasi besutan Google tersebut.

Dan sebagian besar malware yang diciptakan untuk menyerang perangkat Android adalah jenis virus Trojan. Sedangkan jenis virus SMS Trojan masih menjadi 'penyedot' uang dalam bentuk pulsa paling besar.

Pengguna ponsel Android yang terinfeksi SMS Trojan ini memang tidak akan pernah sadar bahwa dia mengirimkan SMS ke nomor premium, sehingga menyebabkan tagihan membengkak. Anda mungkin masih ingat salah satu SMS penipuan paling populer di masyarakat, yang lebih dikenal dengan istilah "mama minta pulsa". Ternyata, SMS "mama minta pulsa" tersebut masih satu kategori dengan virus Trojan.

Selain memberikan peringatan khusus kepada pengguna perangkat Android, pada laporan penelitiannya ini pun Kaspersky Lab menghimbau agar para pengguna perangkat mobile sistem operasi lain pun untuk lebih waspada.

Pasalnya, mereka melaporkan adanya ledakan jumlah malware mobile di triwulan pertama 2013. Parahnya, Kapersky Lab mendeteksi bahwa setengah dari jumlah malware mobile yang ditemukan tergolong jenis baru dan belum ditemukan anti virus yang tepat.

0 komentar

Posts a comment

 
© 2009 - 2014 masthoni.blogspot.com
Blogger Contact : thoni@gmx.com
Back to top